Santun dalam berdakwah

Desember 21, 2008 pukul 6:32 am | Ditulis dalam Aku dan Hari2ku, bahaN Introspeksi, Majlis Ilmu, Nyantai-Rohah, Perjuangan Ikhwah, Renungan | 11 Komentar

Bismillah, Dakwah merupakan kewajiban seorang muslim yang hidup di dunia….oleh kernanya, maka
Persiapkan diri untuk meniti jalan dakwah… karena dakwah bukan sekedar kecakapan berpidato di depan para jama’ah ato orang banyak. Jangan lupa, memberi contoh yang baik adalah dakwah yang santun tapi penuh simpati…. tebarkan salam kepada teman-teman dakwah ketika bertemu…. atau berpapasan di jalan…. mulailah dengan salam…. itu contoh yang sangat diiri oleh orang-orang Nasrani dan Yahudi, karena mereka tak punya model sambutan ketika bertemu sesama mereka… sedang umat Islam bila seluruh jagat raya ini mau menebar salam bila bertemu, niscaya terlihat pancaran kekuatan Islam yang begitu erat… erat dalam berukhuwah, bersaudara sesama muslim…
so, yang hwarus kita canangkan dan perhatikan adalah kekuatan jasmani dan rohani dalam hidup di bawah naungan Islam.
semoga yang sedikit ini dapat menambah kita wawasan keislaman khususnya dalam bidang dakwah.

Maklum lah pemilik rumah baru sok sibuk…hehehe…
wallahu a’lam

virdaus rojaie n my inspirat room

About these ads

11 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini.

  1. Amin….

  2. Gimana klo kita pengen menyampaikan sama saudara kita agar mereka nggak lagi melakukan suatu perbuatan dosa misalnya. Cuma aku pun sendiri masih melakukannya dan aku sadar klo itu gak bener. Klo gitu, bgmn akhi ? Apa amal dakwah yang kita lakukan dlm kondisi seperti itu, diterima sama Allah ?

    Jazakallah b4..

    yah cukup kita sampaikan bgmana yang benar, trus abis itu terserah dia “fainnamaa ‘alaikal balagh…/maka hanya sebagai kewajibanmu adalah tuk sampaikan…”

    trus klo maslah ke2, ya perlu kita instropeksi diri laghi, mungkin dengan mengingat ayatNya : Yaa ayyuhal ladziina aamanuu lima taquuluuna maa laa taf’aluun…kaburo maqtan ‘indalloohi an taquuluu maa laa taf’aluun…/ yang artinya Hai org beriman kenapa kalian mengatakan sesuatu padahal kalian tk melakukannya??? amatlah besar (dosa) tanggungannya di hadapan Allah, bahwasannya kalian mengatakan sesuatu yang kalian sendiri tak mampu tuk melakukannya…”

    tapi g kok trus ga nasehatin manakal kita melihat sodara yang menyimpang, coz itu kewajiban kita…
    tapi alangkah baiknya kita mengatakan (mengingatkan0 tapi kita jugha bisa konsekwen…

    Ini yang mungkin bisa ana sampaikan, semogha Allah berikan kita kemampuan tuk slalu ittiba’ sunnah2 nabi Muhammad saw…

    bilamana ada kebaikan, itu datangnya hanya dari Allah. dan bilamana ada keburukan maka tiada lain itu semuwa datangnya dari diri pribadi dan dari syaithon….wal ‘iyaadzu biLLah…

    bila kurang sreg ato ada yang kurang bisa tulis di email alm.uvi_07@yahoo.co.id

    jazaakillah khoiron atas masukan dan ingatannya buat aQ jugha….
    Semogha Allah slalu membalas kebaikan atas apa yang kita amalkan…

    walhamdulillah

  3. apa benar petai menyababkan pusing?
    dengan siapa lagi aku bertanya….wahai para blogger mania :)
    i love you all bibe…

    wah…wah…
    kok ga nyambung siy…
    abisnya aQ khan posting about santun di dakwah…kok malah pake pete segala…???
    “binund aQ”

  4. Hati ini senang kelembutan, Rasulullah senang kelembutan, dan Allah pun bersama orang2 yang berhati lembut..

    Wallahul Muwaffiq…

    semogha Allah lembutkan hati2 kita…amien

  5. ^_^ bingung mo comment apa…

    Semoga Allah lapangkan dada kita tuk dapat mengingatkan dan diingatkan

    alhamdulillah, tuh khan akhirnya kluar coment-na..
    walodikata “mo koment pa”
    insyaAllah tetep istiqomah dalam kebaikan,amien

  6. Sekarang salam kita sudah banyak digunakan oleh mereka yang non-muslim

    astaghfirulloh Mi…’
    knapa bisa demikian yak???

    tapi,klo Qta tau itu org non muslim,Rasulajari kita tuk ngejawab dengan…
    “wa’alaik,ato wa’alaika saam/kematian…” taunya dari kisah salah satu isteri Rasul tika disalami ma Kafir…
    Wallahu a’lam bish showwab

  7. Smoga para aktivis dakwah membaca postingan ini dan juga mereka yg baru saja mengecap manisnya hidayah.. Karena biasanya mereka seperti ‘pendekar turun gunung’ ^_^

    amien, begitulah harapannya…
    dan mudah2an Allah berikan keistiqomahan bagi kita tuk menapaki jalan yang Allah ridloi…
    subhanalloh, mana niy “pendekar turun gunungnya”…

    he3…bcanda..
    syukron jazeelan

  8. Kalau saya nda nunggu pendekar turun gunung. Tapi nunggu Ksaria langit ^_^

    alhamdulillah, yang penthing ga nunggu sesuatu
    yang tiada kepastian padanya…okey sobat…!!!

    walhamdulillah

  9. keberhasilan dakwah terletak pada sejauh mana kita berhasil berdakwah pada diri sendiri..
    selamat berdakwah…

    yah, benar dan selaras dengan sabda Nabi, Ibda’ bi nafsik/ mulailah dari dirimu…!!
    Allahu Yassaro kulla umuurinaa, amien
    moga barokah ALlah sentiasa terlimpah pada diri kita, amien

  10. hidup dakwah.. :D

    smangat…smanagt…smangat….
    semangat baru tuk hidupkan sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam
    Allah Sahhala kulla umuuri ‘ibaadih…amien

  11. Akhalaqul Kharimah… memanglah harus dikedepankan.. dalam berdakwah… Akhalaqtul Kharimah tidak hanya meliputi sikap lemah lembut tetapi juga… bagaimana “marah” yang benar… bagaimana “berdebat” yang benar… atau sikap-sikao “keras” lainnya. Dengan demikian… orang-orang nonmuslim tidak hanya menghargai kelembutan kita tapi juga akan berpikir dua kali ketika berniat mendzholimi kaum muslim…

    bismillah, btul…
    Bilamana tak de konsekwen dari ilmu yang kita sampaikan, mana da orang khan mo ikuti apa yang kite de sampaikan, iyya khan???
    Rosul, tlah ajari umatnya tuk sampaiakna kebenaran di mana sang Penyampai pun hwarus melakukannya, ALlah pun jugha firmankan…
    “Yaa Ayyuhal ladziina aamanuu lima taquuluuna maa laa taf’aluun…”
    wallahu a’lam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: