semua itu sulit!!! memang,…illaa man Rohima Robbuh…

September 21, 2008 pukul 4:18 pm | Ditulis dalam bahaN Introspeksi | 2 Komentar

Bismillah…ikhwatiii, mungkin antum semua bertanya-tanya, kenapa ko ana sebagai pemilik blog ngebuat judul yang kurang bisa dimengerti….???memang….

awalnya, ana kemaren b’kunjung ke suatu daerah yang ngakunya mau bersikeras tuk merubah suasana Jahiliyyah ke suasana nabawiyyah…Qur-aniyyah atopun mau mengikuti Ajaran Islam dengan benar tanpa sedikitpun percampuran ajaran selain Islam….insyaAllah…

Alhamdulillah, ana ucapkan syukur ke hadirat Allah yang masih memberikan kasih sayangNya pada diri pribadi saya dan pada semua temenku yang b’ada di majlis itu….acaranya adalah Tadarus Keliling antar tiga Distrik, Alhamdulillah selama ini b’jalan dengan lancar dan insyaAllah mampu b’istiqomah…

btw, acara di mulai sekira jam 08 WIB not WIT (why???kenapa harus WIT yang jadi bandingan???ada dech…) para peserta kliatan khusyu’ dan perhatikan ma temen yang sedang dapet giliran tuk ngebaca, satu ayat-dua ayat-tiga ayat…dan seterusnya hingga bersurat-surat….acara tadarus diakhiri pada waktu jarum jam masiy belum b’anjak pukul sembilan malem, bahkan masiy lama….(coz dah usually kita mulai habis tarawih dan kita akhiri pada jam sekira 08 pas..he..he..he…)than acara d t’rusin u/ ngebahas masalah yang perlu kita carikan solusinya…mulai dari p’masalahan pribadi hingga p’masalahan ttg hubungan kita ma Pemelihara kita…..kadang acara slesai jam 10 or lebihnya dikit…

Pada malem itu acara tadarus keliling tiba di masjid At-Tin…GeWe…eSeMBeha…Eropa…(jauh amat…!)dah kita mulai b’sama jam delapan dan (kenapa???) belum jam sembilan dah diparipurnakan…Ada apa nich???itu yang terngiang2 di benak pikiran kita semua peserta Tadarus….(yah kerana ga sperti biasa2nya itu!!!!!!!)

EEEEEEEE tak taunya…acara dibuka dan ditrusin ngebahas masalah (yang sebenarnya untuk ana sendiri and temen2 yang dah biasa ikuti kajian) yang tak perlu disampaikan k ana….(ceritanya mereka tak mau b’larut2 dalam kejahiliyyahan dan perbuatan bid’ah yang ga datengken pahala ato bahkan nantinya kan mendatangkan dosa bagi orang yang melakukannya..Wal ‘iyaadzu bilLah….

Malem ini kita ngebahas tentang niat….

Sebenarnya “””niat””” tu apaan siy???lafal2 yang diucapkan ktika tarawih dan sehabis sholat…

kita semua tau bahwa niat adalah kata hati ato suara hati dan yang Mengetahui hanyalah Allah Yang Maha Tahu!!

Tapi… Hendaknya dan telah Menjadi suatu KEHARUSAN bahwa segala amalan dan tingkah laku kita berDASAR dan berSESUAIAN dengan apa yang telah Allah ajarkan melalui Al-Qur’an dan Rasulullah yang kita ktahui pabila kita nau mempelajari HADITS NABAWIYYAH

About niat?? Rasul tak pernah ajari melalui haditsnya bahwa niat itu dijahrkan atau dilafalkan hingga terdengar ma orang lain (itu sepengetahuan ana), than bagi kita sebagai umatnya hendaklah mengikuti apa yang telah beliau ajarkan.

Ato mislnya ada dari ikhwah yang pernah mendapatkan bahwa Rasul mengajarkan tuk melafalkan niat silakan mencantumkan referensinya dan insyaAllah bila itu benar, mari bersama tuk amalken…

Dan akhirnya, ana ucapken “bila Allah BELUM menghendaki suatu kebaikan pada seseorang, tiada satupun makhluq yang dapat menunjukinya dan merubahnya pada kebaikan itu” dan ini senada dengan FIRMAN ALLAH yang telah masyhur:

” Innaka laa tahdiy man ahbabta wa laakinnaLLAAHA yahdiy man yasyaa-u” ertinya Sesungguhnya engkau (hai Muhammad) tidak (dapet) menunjuki orang yang engkau senangi, akan tetapi Allah-lah yang tunjuki pada orang yang Ia kehendaki’ Subhaanalloh….

Orang sekaliber Rasulullah saja tak dape’ menunjuki pada kebenaran, apalagi KITA????

Jadi kesimpulannya adalah, bahwa kebaikan seseorang tak kan terwujud manakala Allah belum kehendaki…

Trim’s Syukron Jazeelan buat shobat2ku yang slalu dirahmati Allah (semoga)

Akhi Wars.idi-A.gung-E.ko-Langg.eng-Fr.endy-Bow.o-Ded-i-Untun.G-Y.Udi-D.Ani-F.ajaR-R.Iva-S.Angga-De.El.El

Ukhtah S.Ulis-R.Isda-Ria-N.Ovi-Ti.Na-Sit.I-M.Arni-L.Ynda-L.ian-I.Ke-B.Ella-A.Tin. De.El. El

Wallahu A’alm bish Showwab

-VirDa07 in my inspiration room at 23:58 240908 rabu-

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. ‘afwan.. belum selesai tulisannya sy udah mau nitip komentar.
    niat… niat itu adalah lintasan hati, suara hati, apa saja yang terdetik di hati saat melakukan atau pengen melakukan suatu pekerjaan.
    Allah menilai kita berdasarkan niat (tolong disemak, betulkan kalau tersilap).
    wallahu’alam…

    alah..ga papa…insyaAllah bisa jadikan tambahan tulisan ana ntar…
    niat memang temoatnya dalam hati….suara hati dan bukan suara ucapan manusia…
    seperti hadits… Innamal a’maalu bin Niyyaati al-hadits… ato bisa ditelaah lagi di hadits arba’in an- nawawiyyah..hadits pertama yang diriwayatkan oleh amirul mukminin Umar bin Khottob.
    Wallahu a’lam bish showwab…

  2. Muslim sejati selalu tampak tenang dalam kesibukan
    Tersenyum dalam kesedihan
    TENANG DI BAWAH TEKANAN
    TABAH DALAM KESULITAN
    optimis di depan
    tantangan dan istiqomah dalam jalannya…

    Memang ya begitu itu tantangannya… sulit, tetapi tidak akan berarti itu tidak bisa di ubah. Memahamkan memang sangat lebih sulit dari sekedar belajar teori,,,
    Agree….?

    Semangat….

    assalaamu’alaikum…
    yes I agree with ur opinion…but
    alhamdulillah, memang sulit n ga pernah ana katakan bahwa suatu hal tak mungkin terjadi…
    Wallahu Qoodir ‘alaa kulli syai’ (Allah tu Maha Kuasa atas segala sesuatu)
    Memang teori lebih mudah daripada realita…
    tapi realita tanpa teori??? oh no, Rasul dalam memahamkan Umat pada Al-Islam juga pake teori…
    Bukankah Al-Qur’an sebagai teori manusia hidup di dunia, dan itulah sebaik2 teori bagi orang yang menginginkan kebahagiaan yang Haqiqi di hadapan Ilahi Rabbi???!!!
    Tanamkan Al-Qur’an n As-Sunnah pada sanubari kita dan yakinilah bahwa hanya dengan Al-Qur’an n As-Sunnah segala urusan dapet terselesaikan!!!
    Allah telah turunkan Al-Qur’an sebagai resep hidup manusia, tentunya Allahlah yang lebih tau resep yang dibutuhkan manusia selama hidup…

    Wallahu A’lam bish Showwab


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: