Hijab lil Mar’ah tuk jaga muru’ah..

Oktober 28, 2008 pukul 10:55 pm | Ditulis dalam taWasho 4 U | 1 Komentar

فَقَدْ جَعَلَ الله تَعَالىَ الْتِزَامَ الحِْجَابِ عُنْوَانَ الْعِفَّةِ ، فَقَالَ تَعَالىَ : {يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ} ، لِتَسْتُرَهُنَّ بِأَنَّهُنَّ عَفَائِفُ مَصُوْنَاتُ { فَلَا يُؤْذَيْنَ } (59) سورة الأحزاب ، فَلاَ يَتَعَرَّضُ لَهُنَّ الْفُسَّاقُ بِالْأَذَى ، وَفِي قَوْلِهِ سُبْحَانَهُ : { فَلَا يُؤْذَيْنَ } إِشَارَةٌ إِلىَ أَنَّ فِي مَعْرِفَةِ مَحَاسِنَ المَرْ أَةِ إِيْذَاءً لهَا ، وَلِذَوِيْهَا بِالْفِتْنَةِ وَالشَّرِّ .

وَرَخَّصَ تَبَارَكَ وَتَعَالىَ لِلنِّسَاءِ الْعَجَائِزِ اللاَّ ئِي لَمْ يَبْقَ فِيْهِنَّ مَوْضِعُ فِتْنَةٍ في وَضْعِ الجَلاَبِيْبِ ، وَكَشْفِ الْوَجْهِ وَالكَفَّيْنِ ، فَقَالَ عَزَّ وَجَلَّ : {وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاء اللَّاتِي لَا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ } ، أَيْ إِثْمٌ { أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ } ، ثُمَّ عَقَّبَهُ بِبَيَانِ المُسْتَحَبِّ وَالأَكْمَلِ ، فَقَالَ عَزَّ وَجَلَّ { وَأَنْ يَسْتَعْفِفْنَ } باستبقاء الجلابيب { خَيْرٌ لَّهُنَّ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ} (60) سورة النــور ، فَوَصَفَ الحِجَابَ بِأَنَّهُ عِفَّةٌ ، وَخَيْرٌ في حَقِّ الْعَجَائِزِ، فَكَيْفَ بِالشَّابَّاتِ .

والله أعلم با لصواب ….والحمد لله

Maka sungguh Allah telah jadikan kewajiban pemakaian hijab sebagai tanda penjauhan diri dari hal2 yang hina (tidak baik), Allah berfirman “Hai nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang beriman supaya menjulurkan jilbab-jilbab ke seluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal (QS. Al-Ahzab 59), sehingga (jilbab) melindungi mereka. Dan bahwasannya mereka adalah perempuan-perempuan yang menjaga diri lagi terjaga kehormatannya. (Karena itu mereka tidak akan diganggu) maksudnya, orang-orang fasik tidak akan menghalangi mereka dengan gangguan. Kemudian firman Allah { فَلَا يُؤْذَيْنَ } menunjukkan bahwa (untuk) mengetahui kecantikan wanita adalah adanya gangguan padanya, dan bagi pemiliknya ada (peluang) fitnah dan keburukan

Bersamaan dengan itu semua, Allah memberikan keringanan untuk wanita-wanita tua renta yang tidak ada tempat (peluang) timbulnya fitnah ketika melepas jilbab, dan membuka wajah serta dua pergelangan tangan, seraya berfirman: “Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan kemungkinan hamil) yang tiada harapan (keinginan) untuk nikah (lagi), maka tiada dosa atas mereka (dengan sebab) penanggalan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan mereka- kemudian Allah menyatakan sesudah kalimat di atas dengan keterangan yang bersifat mustahab dan lebih sempurna seraya berfirman- “dan bahwasannya berlaku sopan -yakni dengan tetap memakai jibab (walopun udah tua renta)- adalah lebih baik bagi mereka, dan Allah maha Mendengar lagi maha Mengetahui” QS. An-nur 60.

Dan pada akhir firman-Nya, Allah menjelaskan bahwa hijab akan melindungi dari hal-hal yang hina, dan lebih baik (lagi) apabila tua renta mau memakainya.

Pertanyaannya sekarang, TERUS bagaimana (hukumnya hijab) untuk para wanita yang masih muda (pemudi)????

Wallahu A’lam bish Shawwab….

-virdaUs, n my inspirat room Jum’at pagi 2 dzul Qo’dah-

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. Koq ga da terjemah nya ??? Biar semua ngerti dan bs ambil manfaat dr nya mbo’ ya di terjemahin pak

    afwan hai para pembaca…
    abis waktu post kmaren tergesa2, coz da aktiviti mendadak…
    tapi bisa dipaham ukht “mahfuzah khan???
    iya, insyaAllah, syukron sarannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: