tholabul ‘ilm yuk, kerana tak kan ditanya; siapa Presiden 2009???….

Februari 15, 2009 pukul 10:53 am | Ditulis dalam Aku dan Hari2ku, bahaN Introspeksi, Majlis Ilmu, Nyantai-Rohah | 10 Komentar

bismillaah….
itung-itung sekelian selesekan yang kmaren..n daripada nganggur terus….(maksudnya laman ini loh, kok dianggurin,….!) kerana pemiliknya tuh juga seorang Pengacara “pengangguran SOK banyak acara…!” he…
ya udah, ana terusin…!
Semoga dengan postingan kali ini boleh menambah semangat kita dalam menyelesaikan suatu tugas…yakni dengan MENGERTI dan memahami TUJUAN dari amalan yang kita lakukan…
Ikhwatil Kiroom…/ saudaraku yang mulia…!
mengingat bahwa Tholabul ‘ilm.../ menuntut ilmu adalah suatu kewajiban. Karena hanya dengan ilmu kita jadi tahu segala hal yang berkaitan dengan aktifitas yang harus kita tunaikan di dunia ini. Dengan ilmu, kita dapat melakukan cara-cara beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dan perlu kita ingat bahwa beribadah adalah tugas utama kita hidup di dunia. Dan ilmu yang paling pokok untuk kita pelajari adalah Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kerana dua hal itu akan terus ‘dibawa’ hingga Allah mengambil arwah kita…
Malaikat tak kan nanya’i kita tentang, “Siapa presiden Indonesia tahun 2009?” he3x.
Oleh kerananya, semangat (wah aku juga kena…) untuk menuntut ilmu harus terus kita tingkatkan agar kita tidak low batt. hingga kita enggan untuk mencari ilmu agama. Wal’iyaadzu biLLah. kerana… pemuda Islam harus pinter…! (tak hanya pemudanya thok, tapi orang tuanya juga…)
Salah satu cara agar sentiasa semangat dalam melakukan suatu pekerjaan ialah dengan mengetahui rahsia di balik pekerjaan itu dan fadhilah yang tersirat padanya.
Kita ambil contoh, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam gemar melakukan shalat tahajud dan (hanya) sedikit tidur di malam hari (tak seperti kita; banyak tidur, terkadang shalat tahajud aja cuman tiga reka’at ataupun lima, eeeee tak pe…daripada tidak…!!!!). Mengapa bisa demikian? Tentu kerana beliau mengetahui betul apa rahsia yang ada padanya dan telah memahami betul maksud Kalamullah subhanahu wa ta’ala.
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا .// وقم -أيها النبي- من نومك بعض الليل، فاقرأ القرآن في صلاة الليل؛ لتكون صلاة الليل زيادة لك في علو القدر ورفع الدرجات، عسى أن يبعثك الله شافعًا للناس يوم القيامة؛ ليرحمهم الله مما يكونون فيه، وتقوم مقامًا يحمدك فيه الأولون والآخرون

“Dan daripada sebahagian waktu malam bertahajjudlah (orang biasa sebut dengan shalat malem) kamu (hai Muhammad) sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Pemeliharamu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” Qs. Al-Isra’: 79.
Dan juga firman Ta’ala:
تَتَجَافَى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُوْنَ . فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan. Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang dinanti, yang indah dipandang, itu sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” Qs. As-Sajdah: 16-17.

Kerana itulah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan kepada umat beliau, “… dan beramallah sesukamu sebab kamu akan diberi balasan sesuai amal itu, dan ketahuilah bahwa kemuliaan bagi seorang beriman adalah berdirinya (shalatnya) di waktu malam.” HR. Hakim dll; hadits hasan.

Sekarang coba kita bayangkan: ketika ada pengumuman, “Sesiapa sahaja yang kerja lembur malam ini akan digaji 1 juta.” Pasti karyawan tidak ada yang ambil cuti, kerana mengetahui fadhilah/ kelebihan kerja lembur itu. (secara insaniyyah) kalo kita karyawan, tentu tak akan mau ketinggalan untuk dapat 1 juta itu, iya khan… (ngaku aja lah…)
Nah, sekarang mari kita perhatikan; keutamaan ilmu tentu jauh lebih besar daripada sekedar 1 juta. Kerana kita semua beramal/ berbuat selama di dunia ini tiada lain untuk meraih darjat di hadapan Allah setiiiiinggi mungkin. Kerana Allah telah menegaskan:
… يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ .

“…nescaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beiman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa darjat. Dan Allah maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.” Qs. Al-Mujadalah: 11.

Hanya sikit sahaja, kiranya boleh memberikan kita semangat tuk lebih berijtihad dalam mencari ilmu yang telah Allah ajarkan melalui utusanNya yang agung; Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam….
Dan akhirnya, hanya kepada Allah sajalah semua perkara, kita kembalikan. ni’mal maulaa wa ni’man nashir (Dialah sebaik-baik Pengganti dan Penolong..) Wallahu a’lam…
semoga Allah golongkan kita semuwa dalam barisan orang-orang yang sentiasa semangat tuk raih DARAJAT tertinggi….!
yakni dengan salah satu cara, tiada lain dengan terus belajar dan belajar…!
tanpa membedakan, oleh siapakah ilmu itu disampaikan, selagi tidak keluar dari apa yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah NabiNya yang Mulia…; Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam….
WALLAHU A”LAM BISH SHAWWAB…

10 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. mampir hanya untuk silaturahim..

    tafadlol..
    sering-sering juga tak pe akh….
    tapi xde suguhannya loh…
    afwan…

  2. alhamduliLah…
    masih bersyukur rupanya kita (‘kita’nya makassar. hihii) pd nikmatNya yang tak terhitung (ini lho buktinya, postingan mutakhirmu ini..)
    berbagi ilmu dan mengingatkan pada yang lainnya tentang satu amal kebaikan itu sebagai satu cara mensyukuri nikmat Allah yang sekian banyaknya.
    semangat utk terus menebar kebaikan😉
    salam ukhuwah filLah dari kejauhan…

    alhamdulillah..’alaa kulli chaal…
    walo kmaren dapat “deskresi” dari Polis….
    “kita”nya makassar???
    nggak lah…kitanya, versi Indonesia dan juga Malaya…
    so, kita…saya dan kalian semuwa….!
    insyaAllah tetaplah dapat beristiqomah kak….
    ***trus ucapan salamnya mana kak???***
    jazaakillah khoir..kunjungannya,…

  3. mampir lagi..
    iyahh semagad semangad nuntut ilmunya
    tak lupa pula mengamalkannya..
    juga dakwahnya🙂

    kalau polisinya nakal, tangkap saja vi hehehe
    barakallahufiek

    alhamdulillah…akk tlah sudi tuk mampir…
    pedahal kan tak de suguhannya…(he..)
    insyaAllah kak, doakan ajha dapat istiqomah….(bukan nama orang loh…!)

    iya yach, orang dia yang duluan nagkep aku, pedahal aku tak salh…
    dan Alhamdulillah..Allah permudahkan urusanku…
    dan urusan kita semua..tanpa sepeser puan aku kluarkan uang kak..!
    bahkan aku dapat deskresi, juga perkataaan trim’s dari itu POLIS…
    ‘dasar Polisi!

    amien, wa fiyki..barokatuulloh…

  4. Assalamu’alaikum…………

    Betul mending belajar n kalo mau belajar tentang internet……main ya ketempatku, meski masih baru tapi kalo temen2 pada main kan ntar tambah ramai……..

    Syukron

    wa’alaikumussalm warohmatulloh…

    yach, insyaAllah lain kali main ke laman antum…omshani)

    amien…

  5. * salamnya udah akk kasih saat silaturrahim ke YM adik (hehehe..)
    assalamu’alaika..
    (ntar ditanya lagi salamnya. salah akk juga, datang berziarah tapi tak bagi salam dulu. nasib baik tuan rumah tak halau. hikhikk..)

    iya..iya kak……

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh (xde salahnya klo sentiasa ucapkan salam setiap kali bersua…)
    (alhamdulillah, nasib baik akk Ana dapatkan, macam mana klo sang pemilik laman tak beri ijin tuk masuk, hanya kerana tak ucapkan salam????…he…iya kan kak???)

  6. Sudah lama sekali saya tidak jalan – jalan kemari….
    Hemmmm, kangen jga ya????

    Siapapun yg menjadi presiden RI kelak….harus adil dan sebijak Nabi Muhammad SAW….

    Udah dulu ya….saya mau makan malam dulu….🙂

    he…aku juga akh..tlama tak silaturahmi….
    ‘afwan…
    tul…
    Subhanalloh….indah benar Akhlaq beliau shallahu ‘alaihi wasallam…
    kita mesti menirunya, sikit-sikit la…

  7. Oiya saya hampir lupa….kalau ada waktu senggang dan ingin sharing pengetahuan mengenai Sistim Informasi dan Manajemen Kesehatan….silahkan jalan2 ke blog:http://simkesugm2008.wordpress.com/

    Terima kasih….🙂

    alhamdulillah….
    he…ternyata tak lupa…..
    insyaAllah lain masa akh….

    sama-sama akh…
    jazz…tlah sudi tuk nyambung persaudaraan…

  8. Akhi….silahkan berkunjung ke blog saya….ada AWARD untuk anda….🙂

    iya…
    alhamdulillah..
    jazaakalloh khoir…..

    afwan lama juga aku tak silaturahmi….

  9. Assalamu’alaykum
    saudara PE Er dah selesai dikerjakan ^_^
    jazakallah awardnya

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh….

    alhamdulillah..”fa idzaa faroghta fanshob..” ke kerjaan yang lain…
    amien, wa fiyki barokatulloh

  10. udah lama saya ga berkunjung kesini, senantiasa kita diberikan cahaya dalam ilmu yang diterima selama hidup didunia

    he…..
    ga nyinduir khan???
    padahal aku sendiri yang tak pernah silaturahmi ke laman antum…
    afwan…

    amien…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: