Bila ada lalat di SBY-ku………..???

Februari 23, 2009 pukul 12:59 pm | Ditulis dalam Aku dan Hari2ku, Majlis Ilmu, Mutiara Hikmah | 14 Komentar

masyaallah
bismillah….
entri kali ini tak da unsur politik, Sara, dan apapun yang berbau memprovoksi…walopun judulnya agak menggelitik (menurut ana….) tapi hanya ingin bebagi sikit pengetahuan yang mungkin dah pada tau juga…! he, tak pelah, hanya kerana ingin mengharapkan balasan dari Allah, dan juga BarokahNya….insyaAllah..
apa sih SBY itu???
ceritanya, akhir-akhir ni banayk ikhwah dari YOGYA yang sudi tuk berkongsi di laman aku, dan juga hampir tiap minggu, ato tepatnya malem Rabu ada beberapa “asatidz” dari JOGJA…yang rela tuk ngorbanin waktunya tuk kunjung di tempat aku belajar….! Subhanalloh….
SBY, tiga huruf yang penuh misteri…(kerana saking banyaknya singkatan yang pake tiga huruf itu, mulai dari yang berisi menghasut, memprovokasi..sampe yang memuji dengannya…masyaAllah..)
tapi, yang aku maksud di entriku kali ni adalah…
eS Buah Yogyakarta….
udahan dulu yak, ceritanya..sekarang mari kita sikit pelajari “sabda” Rasul mengenai “minuman” (es buah juga termasuk minuman kan????) yang kemasukan ma seekor lalat…

Seringkali ada lalat yang masuk dalam bejana, gentong, kendi, gelas, botol, De eL eL, begitu juga eS Buah yang kita nikmatin…dll. Tapi seringkali pula kita langsung mengeluarkan lalat lalu meminum airnya atau bahkan langsung kita buang air minum itu beserta lalatnya. Masya Allah, itu mah namanya mubadzir…
Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam… telah mengajari kita cara jitu untuk menghadapi lalat yang bandel itu:
Rasulullah sas bersabda:

إذا وقع الذباب فى شراب أحدكم فليغمسه ثم لينزعه
“ apabila lalat itu jatuh dalam minuman salah seorang diantara kalian maka tenggelamkan dia lalu angkat (buang) lalat itu! ”
1.HR. Bukhari (H.3320)
2.bahkan dalam lanjutan hadits di atas Rasul menjelaskan bahwa salah satu sayapnya mengandung penyakit sedang sayapnya yang lain membawa penawarnya.
3.dalam riwayat lain disebutkan bahwa lalat itu menjaga dirinya dengan sayapnya yang ada penyakitnya, jadi biasanya yang pertama kali jatuh itu sayap yang berpenyakit, oleh kerananya Rasul menyuruh kita untuk mencelupkan semuanya supaya sayap yang ada obatnya boleh menjadi penawarnya.
4.tidak hanya pada minuman, makanan pun juga demikian sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya jz 3 hlm 24 dengan sanad yang shahih:

إذا وقع الذباب فى طعام أحدكم فامقلوه
” apabila lalat itu jatuh dalam makanan salah seorang diantara kalian maka benamkanlah lalat itu.”
Wallahu a’lam bish showwab….

yach..akhirnya, SBY-ku dapat diminum lagi dunk…ga harus dibuang semuanya, hanya kerana perasaan jijik ato JIJAY jha, abis dimasuki ma sang lalat….
he..selain masih dapat diminum, kita pun tak bermubadzir, pada sisa SBY kita…Alhamdulillah
dan Barokah dari makanan itu insyaAllah kita dapatkan…amien..

14 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. assalamu’alaika..
    iya, tapi kebanyakan dari kita (mungkin aja ga pernah tau ma hadis ini) masih jijik apabila makanan/minuman dimasuki lalat.

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh….
    he..maka dari itu, kita ingin tuk menghidupkan sikit-sikit hadits dan ajaran Rasulullah yang Mulia ni….

    semoga dapat berbarokah…

  2. terima kasih teringatkan kembali akan hadits ini.

    alhamdulillah…
    sama-sama mutholaah….
    insyaAllah barokaah….
    amien

  3. terima kasih atas info haditsnya.

    alhamdulillah….
    sentiasa mengingat pak….
    sambil muthola’ah agar tak lupa…

    he

  4. jaa’a al-islaamu ghoriiban, fasaya’uudu ghoriiban kamaa bada’a…ilaa akhirihii

    salam jihad Akhiii

    masya Allah….
    jayyid, wa shohha kalaamukum…..

    dalam lafaz lain, “bada-al Islaamu…..fa thuubaa lil ghurobaa….”
    Allahummaj’alnaa min zumrotihim..amien…
    walhamdulillah

    ma’al hamaasah…

  5. Ini baru namanya posting……..Banyak memberi manfaat

    he…la yang kmaren tu???
    sikit refresh gitu..maklum…jha yach..

    semoga sentiasa mampu tuk amalkan yang tlah kita pelajari…
    amien

  6. op!!bruiiiiiii…
    keren tuh artikelnya
    SALAM KENAL YOK!!!

    masyaAllah…
    bila ada benarnya, tiada lain kerana Allah kehendaki, dan itu datangnya dari Allah sahaja…
    dan bilamana salah, tiada lain datangnya dari syaithon, dan diri yang dlo’if ni…
    wal’iyaadzu biLLah…
    yok yes…
    “mana ucapan salamnya”””???

  7. Assalaamu’alaikum …

    Ya…benar dan tiada yang benar lainkan apa yang telah diwahyukan kepada Rasulullah saw untuk kebaikan dan keselamatan ummah. Postingan yang menarik dan penuh dengan info melalui gaya tulisan yang ringkas malah menyenangkan untuk dibaca. Salam mesra selalu.

    Wassalaam.

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh…

    alhamdulillah, justeru tu uvi nak minat tuk tulis yang singkat-singkat sahaja, asalkan pesan Nabi tersampaikan…
    uvi sendiri malahan malas bila harus membaca tulisan yang terlalu bertele-tele (tak to the point..)
    sama-sama umi…
    semoga dapat berbarokah mi’…

    tu semua kurnia Allah yang telah dilimpahkan ke kita…
    walhamdulillah

  8. Assalamu’alaykum
    akhirnya bisa pake PC
    tulisan kak uvi selalu unik
    terimakasih kak uvi

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh…
    he…alhamdulillah…
    klo itunya benar, tiada lain itu datangnya dari Allah sahaja. dan bilamana itu salah, tiada lain dan tiada bukan itu kerana kedlo’ifanku dan juga dari syaithon, wal’iyaadzu biLLaah…
    walhamdulillah

  9. Barakallahufik
 Kerana syarat diterima ibadah adalah ikhlas dan ittiba’ rasul
    Jazakallahu khair akhi

    amien…
    wafiyki ahsanal jazaa’ minaLLoh…
    dan tak lupakan niat yang benar dalam beramal…
    key…!
    amien..
    walhamdulillah

  10. Subahanallah….
    sungguh besar kuasamu ya Allah…
    bahkan di dalam binatang kotor sekalipun masi ada zat yang baik….,
    sapa sangka sayap kiri membawa penyakit, sedangkan yang kanan adalah penawarnya…
    engkau memang maha tau ya ALLAH….,
    sungguh sempurna segala ciptaanmu…
    Postingan yang menarik…😀
    tukeran link yuuk…

    walhamdulillah….
    sesuatu yang terkadang kita anggap hina sekalipun ada manfaat padanya…

    Justeru tu (oleh kerana itu, indo) mari kita gali dan gali ilmu yang lum kita ketahui…
    alhamdulillah, semua tu kerana pemberian Allah belake…

    tafadlol, klo sudi tuk masuken ke link blogroll…

  11. ^_^ Insan baru denger hadist ini. makasih ya… syukran jazakallah..

    alhamdulillah, sama-sama mengulang akh….
    amien, wafiikum ahsanal jazaa’…

  12. =)

    tak leh paham maksudna…

  13. Assalamu’alaikum…
    Numpang rehat sejenak ya…

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh..!

    monggo tak pa kok, tapi xde jamuannya loh, harap maklum…

  14. Assalamu’alaikum…
    Wah, lama ga baca laman ente tau2 dah sedemikian jauh…
    Mukadimahnya bnr2 oce loh…
    Sekarang kliatane ana dah bisa terima tamu…
    Monggo kalo mo namu…
    Waktunya cuma sepekan…(28/03-03/04)
    Wassalamu’alaikum…

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh….
    he, alhamdulillah…
    yeach, jazaakallah khoir, mari tuk tawaashou bil haqq wasshobr…
    segera kunjung dah….
    wa’alaikumussalam….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: