jadilah Khaira Ummah…

April 25, 2009 pukul 10:02 pm | Ditulis dalam bahaN Introspeksi, Majlis Ilmu, Perjuangan Ikhwah | 23 Komentar

bersujud-kepada-allah
bismillah, walamdulillah wa Laa ilaaha illaLLah, Wallahu akbar-wa laa haula wa laa quwwata illa biLLah….

Ikhwati…alhamdulillah, Allah masih bagi kita banyak ni’mat yang tiada dapat terhitung bilangannya, daripada barisan ni’mat yang banyak itu adalah ni’mat Islam dan kesempatan; yang terkadang kita terlupakan olehnya; bukan hanya untuk yang ngebaca ajha, tapi juga lebih khusus tuk admin laman ini…
Ikhwati…tanpa mengurangi rasa terima kasih admin kepada antum semua, yang telah bersedia tuk sekedar mampir ato cuman melototin ini laman, ana ucapkan banyak-banyak trima kasiy….MATUR NUWUN
Ikhwati…lama pulak tak POSTING apapun di laman ini, walhamdulillah..pada malam ni, Allah berikan ni’matNya (laghi..) tuk dapat berbagi ilmu…NGUDHA RAOS
Ikhwati…sebelumnya dan sesudahnya, ana minta maaV bilamana ada beberapa koment yang HARUS di-SPAM ato mungkin harus di-PENDING dahulu…kerana tak inginkan sesuatu dapat berlaku, padahal kita tak mengharapkan hal itu terjadi, lebih-lebih kalo ada mudharatnya…na’uudzu billah…!
eeeee, satu laghi yang ktinggalan…ttg PR daripada mbakSo yang satu ni,….aquulu lakum…
AL-‘AFWU MINKUM
…lum sempet ngerjaken….he..(sok masyghul ni..)

eeee, setelah banyak nyampaiken MUQADDIMAH, maka tiba masanya tuk sama-sama bagi pengetahuan ni…(so, bila pembaca dapetken kesalahan, silakan dikoreksi..) kiranya Allah longgarkan hati kita, tuk menerima kebaikan…amien
By the way…tapi bukan Runway…!
kita sebagai Umat nabi Muhammad saw, umat Islam yang memang Allah telah berikan gelar sebagai KHAIRA UMMATIN…sebaik-baik umat (generasi). Sebagaimana termaktub dalam Ali-Imran ayat 110 yang artina: ” kalian (hai Umat Islam…) adalah sebaik-baik umat, yang dilahirkan bagi umat manusia, (yakni) kalian memerintahkan kepada yang ma’ruf (kebaikan) dan sentiasa mencegah daripada kemunkaran, dan (juga) kalian beriman kepada Allah..”
Imam Qurthubi menukil perkataan Imam Mujahid dalam kitab tafsirnya; al-jaami’ li ahkaamil qur’an, yang dimaksud dengan “KHOIRA UMMAH” tu adalah, bilamana seseorang telah melakukan dan menunaikan syarat-syarat yang ada pada ayat itu; yakni bilamana ia mau beramar makruf-nahi munkar dan yang lebih penting dari itu semua adalah “beriman kepada Allah”…
so, jangan ko berleha-leha mentang-mentang dah dapet julukan “KHOIRA UMMAH” daripada Allah, kerana kita termasuk Umat Muhammad..!
tentu, sentiasa berusaha tuk beramal semaksimal mungkin, agar dapat meraih julukan itu; KHAIRA UMMAH…!
ingat..! bahwa dalam melaksanakan syarat-syarat di atas, seseorang harus mempunyai pijakan dan hujah yang MANTAP dalam beramal…tak hanya sekedar ikut-ikutan jha..! kerana, dengan berasaskan pengetahuan-pengetahuan yang benar, nantinya kan lahir satu umat yang mencintai Rabbnya dan sentiasa membela agamanya; agama Islam ini..! Bersamaan dengan itu semua, niscaya CAHAYA keimanan bersinar di hati sanubari mereka. Dan pada akhirnya, jadilah mereka KHAIRA UMMAH, bagi umat manusia…!

kita berharap dan berusaha agar menjadi dan termasuk dalam golongan mereka; golongan KHAIRA UMMAH…!

kiranya sikit ni sebagai awal mula dalam meneruskan perjuangan dalam berbagi ilmu, setelah sekian taon tak bagi-bagi…dan harapannya, dapat beristiqomah dalam JALAN YANG ALLAH REDHAI…amien Yaa robbal aalamien…..

NB: ref. al-jaami’ li ahkaamil quran & Minda Muslim Super (buat kak Ana, Jazaakillah ahsanal jazaa’)

23 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. Alhamdulillah ente dah balik… Jazakallah atas nasehatnya..
    O iya, PR award dari ente sudah saya kerjakan, alhamdulillah..

    he..alhamdulillah, benere na masih di sini jha…
    cuman, tadi da masa tuk posting….
    oiy, jazaakalloh khoir….semoga dapat istiqomah fil khoiroot…

  2. selamat pagi

    hah….
    tu khan jadul..
    sekarang ganti jha dg ASSALAAMU”ALAIKUM…
    kek ajaran nabi sas…

  3. ^_^

    *sadardirikloakukomentdisinibakalmenyakitidekuvie*

    weh..weh….
    iii, ngerjainjha mbakso. pakengejhasa-tusatu ni…
    jazakillah kher…maneyang nyakiti mbak???

  4. Subhanallah….

    awardnya dikerjakan dengan baik euyy… ^^

    jarang Nisa temukan yang begini… ^^

    oiy….

    lum dikerjaken khuy…!
    lain masa bila longgar…
    insyaAllah

    • hehe… maaf… salah koment…😀

      hihii.. jadi maluu…

      *ditimpuk*

      loh..loh…
      tiba-tiba langsung bilang salah koment…

      eee, mana mana komennya, dan mana salahnya???
      wew, tambah binund khuy….!

      tak de yang malu2in kuk…
      *ga jadi ambil batu ko..*

  5. assalamu’alaika wahai ******..
    ulasan yang baik sekali. syukran atas perkongsiannya..
    semoga kita tidak mensia-siakan gelaran ‘sebaik2 umat’ yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada kita. mari sama2 menanam fahaman tauhid, moga tumbuhnya membuahkan manis dari baja ilmu fekah dan kita pagari pula dengan tasawuf yang benar moga lahir akhlak muslim sejati dalam diri.
    InsyaalLah…🙂

    afwan sengaja ana edit…ok…
    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarkaatuh…oiy kak…
    alhamdulillah, semua itu kerana kehendak Allah….

    atas do’anya, uvi ucapkan Allahumma amien…
    wa jazaakillah ahsanal jazaa…’

  6. Vir- ataw Fir-,
    Kurasa sama aja lah,
    Sing penting ada dausnya!

    Salam Maya!

    oiy…
    nyok yes…sama jha…

    yang penting jangan di+-i dg KA…
    astaghfirulloh….

    syukron dah silaturahmi…

  7. … bahwa dalam melaksanakan syarat-syarat di atas,
    seseorang hrs mempunyai pijakan dan hujah yg MANTAP
    dalam beramal???…

    Agak membingungkanku dalam beramal,
    Jika kita hrs punya pijakan yang kuat,
    Dan harus punya hujah yang mantab pula.

    Apa maksudmu harus kita berilmu baru beramal,
    Atawa harus pilih-pilih dalam beramal itu?
    Maksudku pikir-pikir…Pls cerahkan maksudmu!

    Salam Maya!

    tu semua harus, yakni sentiasa berusaha tuk mencari dalil dan contoh dari pada Al-Quran dan As-Sunnah, kerana Allah dan rasulNya perintahkan itu…
    yakni, berusaha semaksimal mungkin tuk mendasari amalan dengan Qur’an dan hadits nabi…

    wallahu a’lam

    • Bila harus terlebih dahulu mencari dalil sebelum beramal,
      Atau harus terlebih dahulu bertanya sebelum beramal,
      Berarti sebaiknya beramal itu jangan bila ragu.
      Atau beramal itu sebaiknya rombongan utk memperkecil keliru.

      Salam Maya!

      Wallahu a’lam…..
      tak paham ma ni koment…tuk yang lain gimanakah?????

      dan tidak ada jaminan, bahwa yang berjumlah banyak tu memperkecil kekeliruan…!

      “baik ato buruknya suatu amal tu ditilik daripada ajaran Islam je…”

      • Magsudna,
        Beramal tidak ada jaminan positip?
        Beramal sangat memungkinkan negatif?
        Bukan kah beramai itu latihan mencinta?

        Salam Maya!

        Allah -lah Dzat Yang Maha menunjuki hamba-hambaNya….

        Wallahul Muwaffiq ilaa aqwamit thoriiq….

  8. hummm…

    lagian kalau ‘khoiruummah’ cuma dijadikan sekedar slogan untuk pembenaran perbuatanperbuatan kita yang entah benar entah salah, apa pula gunanya…

    well,,, just try to live this life our best aja dah…

    hummm.juga….
    yak tulll….eee, jadi inget ma ta’lim ustaz kmaren….
    “jangan kita tu amalken sesuatu dulu, baru cari dalil sebagi pembenar…tapi yang Allah dan rasulNya ajarken adalah, kita ketahui dalil ato hujah, baru kita amalken…”

    yeach same jha lah…
    semoga Allah gabungkan kita dalam gol. Muttaqien al-aamilien…
    aamien

  9. Assalaamu’alaikum …

    Semoga kita berjaya menjadi sebaik-baik ummah. Untuk merealisasikan khairul ummah tersebut harus diusahakan supaya kita tidak sekadar menyebut tetapi membuat. Untungnya kita sebagai umat islam yang telah diiktiraf oleh Allah swt.

    Namun untuk melihat kepada situasi dunia hari ini, proses menjadi khairul ummah akan terbantut, jika sekularisme, modenisme, individulisme, humanisme dan sebaginya masih menjadi ikutan sebahagian besar umat Islam di seluruh dunia. Ini bermakna betapa rencana golongan orientalis untuk menumbangkan umat Islam hampir berjaya, malah sudah berjaya mungkin.

    Salam mesra dari umi.

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokaatuh…
    betul itu semua harus kita realisasikan sedini mungkin…
    dan kewajiban kita adalah berusaha sekuat tenaga, untuk hasil kita serahkan kepada Allah Ynag Mahamampu…atas segala sesuatu…

    upaya orientalis tuk menumbangkan ajran Islam harus kita cegah mulai hari ni pulak….Allahu Akbar…

    walhamdulillah

  10. Khiro Ummati haruslah berazazkan manfaat!

    manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan alam!

    dan Khoiru Ummati itu karena kita menjadi Ummat dari Hamba Allah yang Paling Mulia yang Awal dalam Kenabian namun akhir dalam Ke-Rasulan!

    salam Wan, Ane dari Jawa!

    salam kenal n mampir ya!

    it’s ok….

    but, kalimat salmnye mane Wan????
    yokyes…

    segera mluncur….

  11. Smoga kita menjadi makmum Rasulullah!

    amiiin

    oh..malahan kita sebagai umat Beliau….!

  12. Dek uvie…….

    SEMANGATTTTTT!!!!!!

    yok yes…..

    insyaallah, syukron….
    mbakE….

  13. semoga semua yang kita lakukan sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.
    semoga amal ibadah kita dapat menjadi amal yang memberatkan timbangan menuju surga Allah..

    selamat datang kembali..😉

    syukron alal ihtimaam…
    amien..amien Yaa Robbal ‘aalamien….

    alhamdulillah, dzalika min fadhli Robbi….li yabluwanii a-asykuru am akfur..

  14. sebenarnya seh mau pamitan…shofiy pamit dulu yah..,dek uvie!

    SEMANGAT!!!!!! ^_^

    iya, tafadhol mbak…..

    tak usah pake jabat tangan loh…!

    YO’I mbak..E….

    Sahhalalloohu umuurokum….

  15. mohon do’a restunya Akh…

    yeach,…insyaallah lah…

    doane gini?….
    Baarokalloohu laki wabaaroka ‘alaiki wa jama’a bainakumaa fie khoir….

    (eee..doa pa toh?….)

  16. ima kembali,….
    ^_^

    alhamdulillah…
    eee, akk balik ni….
    ma’assalaamah….je..

  17. dek uvieeee……
    dek uvieeeee…..
    dek uvieeeeeee…..

    *pengenmanggilajah*

    ohoi…..ohoi…..ohoi…..

    *pengenngejawabnikomentjha….*
    keknya na pernah ngedapeti tulisan kek ni ya..pa yang kmaren tu yak???

  18. Alhamdulillah saya bisa temukan web anda, bisa berbagi ilmu tentang design web/blog. jazaakumulloh

    alhamdulillah….
    tafadhol tuk silaturahmi akhi..or ukhti….

    amien..

  19. salamu’alaikum,,,
    ana copy doa “Allahumma arinal haqqo haqqo, warzuqnat tibaa’ah, wa arinal baathila baathila, warzuqnajtinaabah…” jzkhoir katsir :)salam kenal

    • wa’alaikumussalam, tafadlol, bahkan tambah senang, bila diamalkan dan dibaca tiap waktu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: