Bunga, Lebah, dan Persahabatan

Mei 24, 2011 pukul 11:04 pm | Ditulis dalam bahaN Introspeksi, Mutiara Hikmah, Renungan | 5 Komentar


Sekuntum bunga di suatu Senja,
tak kan layu dan mati
Melainkan ia tetap indah dan harum
meskipun malam Mengelaminya,
kecuali klo ajal mendatanginya….

Subhanallah, yaa Jamaalah haadzihiz zahroh…(mahaSuci Allah, alangkah indahnya bunga ini), kira-kira ungkapan inilah yang biasa orang ucapkan ktika melihat sekuntum bunga yang Cantik…
Ikhwatii, yuk mari kita cari bunga yang paling indah masih suatu pohon (mnurut masing-masing kita ajalah), lalu klo udah dapet, coba perhatikan
dengan seksama alam sekitarnya, di manakah letak bunga itu, apakah berada di tengah tumpukan sampah? atokah berada di tumpukan tanah yang baik lagi subur?… Lalu, perhatikan
tuk kedua kalinya tanpa sedikitpun kau menyentuh bunga tersebut… tunggu beberapa waktu, apa yang terjadi… hewan apakah yang hinggap pada bunga tersebut?… adakah LALAT (hewan yang biasa kita dapatkan di tempat-tempat kotor)
hinggap pada bunga tersebut?… hampir tak khan kita dapati lalat hinggap pada suatu bunga, terkecuali bunga yang udah layu dan busuk. Sebaliknya niscaya kan kita dapati adalah bahwa bunga yang indah itu
akan dihinggapi oleh beberapa ekor lebah tuk mengambil sesuatu yang baik dari bunga itu, yang sering kita dengar dengan sebutan SARIPATI bunga.
Akan tetapi, sekuntum bunga yang indah tak jarang pula mempunyai duri yang seringkali membahayakan segala sesuatu yang dekat dengannya. Perlu kita ketahui, bahwa duri-duri itu tidak bermaksud tuk menyakiti makhluq selainnya, tetapi hanyalah supaya
keindahan bunga itu tetap terjaga. Coba, klo sekuntum bunga itu tak mempunyai duri, maka ianya akan mudah dipetik oleh manusia kemudian dicampakkan di sembarang tempat.

Dengan ‘ibaroh (perumpamaan) di atas, tentunya kita dapat memahami apabila dikaitkan dengan suatu PERSAHABATAN.
yakni, dalam kita bersahabat, hendaknya kita bersahabat dengan teman yang baik, dan tempat berkunjung orang baik pun..pasti tempat yang baik pula…dan sudah pasti, bahwa perbuatan mereka pun baik-baik.
Dan semua itu, niscaya menghasilkan persahabatan yang baik, persahabatan kita tidak sia-sia…bahkan akan menghasilkan suatu karya yang baik dan bermanfaat.

Adapun, tentang duri yang dimiliki oleh bunga itu, ibarat NASEHAT yang sentiasa kita siapkan tuk orang lain dan tuk kita sendiri. Yakni, manakala ada teman yang bersikap kurang baik, khilaf maka dengan Tegas kita tegur dan mengajaknya mnuju kebaikan.
Begitu juga, klo ada teman yang mengajak kita pada perbuatan yang tidak dibenarkan Agama, maka mesti kita katakan *TIDAK* untuk perbuatan itu.

^in my Inspirated room, beberapa saat sebelum mata ni terpejam…^ May 2011….

5 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. Alhamdulillah, saat yang ditunggu telah tiba..hehe

  2. Assalamu alaikum Wr. WB..Alhamdulillah, akhirnya janji dari dek uvi terlaksana juga, senang bisa membaca kembali postingan barunya, setelah menghilang dari peredaran dunia WP..hehe..

    Ahlan Wa Salan kakak ucapkan buat dek Uvi, semoga selalu berjaya dihidupnya dan dapat saling memberi nasehat buat sesama, memberi manfaat buat orang lain…
    senang kakak yang pertama datang berkunjung,nanti kakak kabari ke umi kalau uvi dah datangm pasti rindu umi terobati..hehe…

  3. Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh…

    Uvi yang selalu Umi ingati (hehehe… kok seperti menulis surat aja nih)
    Alhamdulillah, kiranya Umi bisa jadi orang terawal menitip sejarah kata di ruang sunyi ilmu Uvi yang tentunya sudah berkurun lamanya tidak dihinggapi oleh jiwa tenang nan indah katanya.

    Nanti Umi mampir dan nulis lagi. hanya mahu berlomba dengan Neni menulis duluan…hahaha. Kenapa jadi gituan aja ya.😀

    Salam kangen dari Umi buat Uvi yang jauh di mata namun dekat di hati Umi.😀

    • wa’alaikumussalam warohmatullah ummi….
      Jazaakumullohu khoir atas kunjungan ummi..
      Subhanallah, Allahu Yahfadhunaa jamii’an ummi…(oh ya?..surat spesial tuk ummi ya…)

      btul pertama setelah kak Neni..(tapi tetap firstly di hati lah ummi…setelah Allah dan rasulNya..juga dua ortu…)

      tafadlol ummi, bila ada kritik dan saran, tolong tulis pulak…
      iya nih, mwnya lomba ma kak neni, tapi ko uvi berada di peringkat dua?….

      jauh di mata..dkat di hati?..Subhanallah…

  4. Bersahabat di dunia hingga di akhirat..

    na’am, insyaallah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: