ngacA yuk…mari….

Juni 8, 2011 pukul 10:30 pm | Ditulis dalam Aku dan Hari2ku, bahaN Introspeksi, Majlis Ilmu, Renungan | 17 Komentar


Bismillahirrahmaanirrohiem, bgitulah kita orang Islam ucapkan tiap kali hendak melakukan suatu amalan…
Zero to Hero…yach, inilah judul kitab kecil yang ada di sampingku, yang tlah menemani hari-hariku terakhir ini. Subhanallah tiap kali membacanya, kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, dan judul demi judul, selalu membuatku cemburu dengan apa yang dipaparkan di dalamnya, cemburu dengan mereka dikisahkan di dalamnya. beberapa kisah tentang Ulama-ulama pendahulu kita, mereka hidup dalam keterbatasan, kesempitan (duniawi) dan bahkan di bawah ancaman akan tetapi atsarnya (peninggalannya) masih terasa hingga sekarang dan generasi-generasi mendatang.
Kita ingat dengan pendahulu-pendahulu kita ktika ada dari mereka yang rela sampai tidur di masjid untuk mencari ilmu selama 30 tahun, dari mereka pula tak pernah terlambat TAKBIRATUL IHRAM dalam shalat selama 60 tahun, dan dari mereka pula rela berjalan sejauh 30.000 mil. untuk mendapatkan periwayatan hadits, Subhanallah!!!!
Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan kita tak dapat meraih peluang-peluang seperti mereka????…nastaghfirullahal ‘adhiem min kulli dzanbin ‘adhiem…
yach, Faktor utama yang menyebabkan kita tak dapat meraih peluang sebagaimana yang tlah mereka raih adalah, tatkala kita sering menunda-nunda suatu pekerjaan. Lebih dari itu, karena masih banyaknya maksiat dan amalan-amalan buruk yang kita lakukan selama ini…(Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa…)
Seringkali timbul satu pernyataan dalam diriku yang mengandung penyesalan dan kesedihan, bila diungkap
mungkin demikian…
“”TRUS HINGGA BAhaGIAN UMURKU YANG UDAH TERKURANGI 20 SEKIAN TAHUN INI, APA YANG UDAH ANE LAKUKAN DAN KEMUDIAN DAPAT BERMANFAAT DI KEMUDIAN HARI, UNTUK GENERASI PENERUS ????!!!!””
Semoga perasaan dan ungkapan kesedihan ini tidak hanya terselip dan terbersit dalam pikiran dan hati sahaja, bahkan lebih dari itu aku sangat berharap mudah-mudahan Allah lembutkan dan bimbing hatiku meniti jalan yang Ia Redhai, tak lagi berterusan berada pada kubangan maksiat dan dosa.
“” أَللّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ “” ^Ya Allah, tolonglah hamba agar sentiasa mengingatmu bersyukur (atas nikmat-nikmatMu), dan (mampu) membaguskan peribadatan kepadaMu^ amien…
Begitulah, sifat kebiasaan manusia. Jauh-jauh hari sebelum kita hidup, Rasul udah dapat membaca (biidznillaah) bagaimana keadaan umat Beliau sepeninggalnya.
Hingga dalam suatu hadits, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda (sedangkan beliau sendiri adalah orang yang jujur dan terpercaya, lihat hd. keempat dari kitab Arba’in an nawawiyyah):

    *Raihlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
    1. Hidupmu sebelum matimu
    2. Sehatmu sebelum sakitmu
    3. Masa luangmu sebelum masa Sempitmu
    4. masa Mudamu sebelum masa Tuamu, dan
    5. Kayamu sebelum Miskinmu.
    (riwayat Ibnu ‘Abbas radliyallahu ‘anhuma, Al-Albani menuliskannya dalam kitab Shahihu Jami’ush Shoghir karya beliau pd hal. 11088)

ane yakin haqqul yakin, bahwa kebanyakan kita atau bahkan hampir tiap manusia udah ga asing lagi dengan nasehat-nasehat Beliau di atas. Bahkan grup Nasyid Raihan asal Malaysia pun, tak mahu kalah tuk mendendangkannya…( wew ko tau nasyid yaa???….). tapi sudahkan kita menghayati betul-betul dan kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari????..Yuk mari bermuhasabah…selagi matahari masih terbit dari Timur dan tidak terbit dari tempat tenggelamnya..*nastaghfirullah*
Tentu tiap dari kita Berharap, semoga dengan mau’idloh (nasehat/ wejangan) Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, tergeraklah hati kita untuk tidak lagi menyiakan waktu yang ada, justru sebaliknya, kita pastikan tiap detik yang telah dan akan kita lalui harus mengandung kebaikan, pahala, karya dan sedekah di dalamnya.
Allahumma taqobbal minnaa innaKa antas Samii’ul ‘aliem wa tub ‘alainaa innaKa Antat-Tawwaabur-Rohiem…

17 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. Subhaanallah…suatu peringatan yang sangat mengena bagi diri ini,,
    Mari kita implementasikan dalam kehidupan kita..
    Jazakumullah kher atas peringatan dan pencerahannya..

    • na’am, smoga Allah berikan kemudahan tuk muhasabah diri, sentiasa mawas diri, dan tak disibukkan dengan mencari kekurangan orang lain, bahkan hendaknya kita memandang dan mempelajari siroh para pendahulu kita dg karya2 besar mereka…

      ^amien wa iyyakum…^

      • hmm, smoga dengan bercermin, kita smakin dkat dan smakin takut pada-NYa… dan slalu diberikan rahmat serta perindungan-Nya.. amin🙂

      • hmmm (juga) Allahumma amien….

        Syukron atas silaturahminya….

  2. Assalamu alaikum,

    subhanallah sungguh takjub hatiku membaca bait kata-kata yang tercurah dilaman adikku ini, ya Allah lingungi setiap langkahnya, jaga setiap geraknya, luruskan setiap langkanhnya, tuntunlah selalu hidupnya menuju keridhoanMu, amin…

    hal yang dek uvi rasa, hampir sama yang ana rasa, jika berpikir usia kita sudah sejauh ini, entah amalan apa yang telah kita perbuatan, entah kebijakan apa yang telah kita lakukan, entah apa yang harus dipertanggunjawabkan jika esok kita datang menghadapNya,

    • wa’alaikumussalam warohmatullah…
      subhanallah, smoga Allah brikan kita kesempatan tuk meninggalkan karya yang sangat berguna ktika ruh dah hilang dari badan kita, amien…

      salah satu hal yang mudah buat kita adalah, ad da’wah bil qolaam, ajakan pada suatu kebenaran dg pena…

      ^jazaakumullohu khoir atas segala doa yang terlantunkan, moga Allah mengabulkan pinta kita smuwa, dan Malaikatpun sentiasa berucap, walaka bi mitslin pada tiap doa kebaikan yang diucapkan…^
      Allahumma amien..bgitu juga dg kak Neni…

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Uvi…

    Kehidupan ini adalah ujian bagi kita. Jika tidak mahu mengambil iktibar dari ujian yang dihadirkan Allah sepanjang umur yang dimiliki, maka kerugian akan selalu menyusuri latarnya. Kerna itu, ramai yang menyesali takdir Ilahi sedangkan dia sepatutnya malu dengan apa yang telah dia perbuatkan kepada diri sendiri.

    Subhanallah… Umi menyenangi posting ngaca ini, Uvi. Sangat menyentuh hati dan membuat Umi untuk selalu sadar diri dan insaf akan apa yang telah berlaku dalam kehidupan yang fana ini. Mudahan kita selalu dalam rahmat Allah swt.

    Didoakan Uvi selalu sukses dalam kuliahnya.
    Salam mesra dan manis selalu dari Umi buat Uvi.

    • wa’alaikumussalam warohmatullah ummi..

      btul ummi, hidup adalah ujian..leh karena itu kita sebagai hamba yang mengetahui akan syari’at, ketentuan, dan ujian pun semuwa datang dari Allah, dZat Penentu segalanya
      btul, bahwa penyesalan sentiasa datang di akhir masa, ktika suatu hal tlah diperbuat…

      jazaakumullohu khoir atas silaturahmi ummi, tiada keinginan dari posting tulisan ini, melainkan agar uvi sentiasa ingat akan sisa umur yang smakin hari smakin berkurang…padahal tanggung jawab bertambah menggunung…

      Semoga Allah mudahkan bagi kita tuk menapaki jalan kebenaran, istiqomah di jalan yang Allah redha…amien..hingga pada akhirnya kita semuwa termasuk dalam golongan orang-orang yang dikurniakan Khusnul Khootimah…

      amien..amien…
      oiy, salam mesra seperti apa ummi?…

  4. hadits yang mengingatkan kita untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.

    • yap, mari bersama tuk sentiasa perbaiki diri….
      thank’s dah bersedia mampir…

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Uvi yang Umi ingati…

    Tiada hari seindah Jumaat
    Tiada kata seindah zikir
    Tiada ibadah seindah solat
    Tiada bulan seindah Ramadhan

    Umi hadir untuk mengucapkan :

    “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1432H”

    Semoga ibadah kita di terima dan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

    Selalu ada doa dari Umi untuk kesuksesan dan kebahagiaan Uvi selama ini sepanjang kehidupan dan pencarian ilmunya.

    Kemana aja ni Vi, inda ada khabar buat Umi… Neni sedang ketawa ke Umi kerana Uvi nda ke blog Umi… whuaaaa…. nanti si Neni itu.. hehehe.

    Salam manis dan rindu selalu dari Umi di Sarikei, Sarawak.😀

    • wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh….

      Subhanallah, indah nian bait-bait umi ni…
      Ahlan bikum yaa ummii….(Allahumma ballighnaa maqooshidanaa wa sahhil umuuronaaa…)

      jazaakumulloohu khoir atas doa yang sentiasa terlantunkan…tuk kesuksesan uvi dalam tholabul ilm…

      iya ummi, afwan..uvi tak pernah bagi kabar ke ummi…but, uvi yakin..ummi tak kan pernah lupakan nanda…
      ah kak neni, da kabar apa dari kak neni, ummi…?…beberapa hari lalu..uvi da kesempatan tuk singgah di blog kakak…

      mmmmmuah…salam takzim dan khidmat buat ummi selalu…mudahan sisa umur yang Allah berikan sentiasa diliputi dg keberkahan dariNya…amien…

  6. Subhanallah🙂
    Artikel yang Bagus …
    Jazahumullahu Khairan Kasiran🙂

    • syukron jazeelan, yuk mari muhaasabah….
      amien…

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Uvi…

    Alhamdulillah, umi kembali menyapa Uvi setelah selesai segala urusan di dunia nyata. Mudahan kebaikan selalu mengiringi kehidupan kita.

    Terima kasih kerana sudi menyapa umi saat umi tiada di sisi. Umi senang, Uvi masih ingat sama umi.😀

    Semoga selalu sukses dan Umi sentiasa mendoakan kejayaan buat Uvi di dunia dan akhirat.

    Salam sayang dan rindu selalu dari Umi di Sarikei, Sarawak.

    walaikumussalam warohmatulloohi wabarokaatuh ummi…****

    Allahumma amien, atas semuwa doa yang ummi panjatkan..mudahan demikian dengan Ummi nun jauh di Sarikei..^

  8. assalamu alaikum adikku, kakak tak mahu kalah dengan umi🙂

    bagaimana kabarnya ? lama tak kedengaran🙂
    kakak sudah gangi account FB, yang dulu ada pengusik jadi diganti dech🙂
    ni yang baru : awanputih_masnur@yahoo.co.id

    tuh umi, dah kangen dengn uvi, kasianlah umi nangis menanti kehadiran uvi😉

    salam selalu dari sulawesi

    • wa’alaikumussalam warohmatulloohi wabarokaatuh,….kalah dalam hal apa nih kak?…

      alhamdulillah bi kher, bgitu pula harapan adek kat Slo…mudahan kakak juga ummi sehat n slalau di bawah lindungan Allah..amien…
      syukron jazeelan ata infonya…add ya kak…

      iya kak, uvi ni emang nak yang tak tau diri ya…(astaghfirullah…)
      tapi, beberapa waktu yang lalu..uvi dah sapa ummi juga ko…

      smoga kebaikan menyertai kita semuwa..amien…
      doa terbaik insyaallah slalu terlantun dari Slo…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: